Berita Trisakti

button-twitter.png button-facebook.png

Oleh:
Humas USAKTI

Kamis, 25 Pebruari 2010 13:00
Dilihat: 2390 kali

PERSEPSI ILMU ARSITEKTUR LANSEKAP


Kata Themes dan Hudson .“The World is moving into a phase when landscape design may well be recognized as the most comprehensive of the arts.
The reasons for this are threefold: (a)  the existing delicately balanced order of nature within the biosphere, or protective envelope of the planet, is being disturbed by the activities of man, and it seems that only his own exertions can restore a balance and ensure survival; (b) these exertions call first for ecosystems that are no more that return to efficient animal state of sustained existence; and (c) man’s destiny being to rise above the animal state, he creates around him an environment that is a projection into nature of his abstract ideas. The first has aroused an intuitive urge in biological man and caused the ‘green revolution’, so described at the Stockholm Conference on Human Environment, 1972; the second has encouraged comprehensive ecological planning by experts; and the third is promoting a landscape art on scale never conceived of in history.”

 

 

Perkembangan wajah karakter alam/ruang tempat hidup kita secara bertahap semakin berkembang kearah konsep ruang metropolitan, merupakan hasil dari kebijakan/karya manusia mengenai ilmu dan seni dalam penataan ruang. Karya-karya manusia dalam mengubah bentukan-bentukan wajah alam/ruang hidup kita begitu mempesona, warna-warna alam yang dahulu terlihat menoton dengan warna hijau, dengan berkembangnya ilmu dan seni tata ruang. Ruang-ruang itu sekarang terlihat berwarna-warni dengan kesan yang begitu modern. Tetapi setelah itu, tantangan yang tengah, mungkin kedepan bakal kita hadapi adalah ruang-ruang yang tercipta mungkin tidak dapat bersahabat lagi dengan penghuninya. Ini tantangan besar bagi para perencana tata ruang, sebelum hal tersebut itu terjadi. Maka untuk  itu para perencana tata ruang ditantang harus dapat merencanakan suatu konseptual masa depan ruang yang ideal bagi tempat hidup manusia, istilah yang lebih dikenal ‘Pembangunan Berkelanjutan’.

 

 

Perubahan tata ruang terjadi pada tingkat yang semakin cepat dibandingkan sebelumnya; hari ini tidak sama seperti kemarin, dan besok akan berbeda dengan hari ini. Tidak melanjutkan pembangunan sama saja tidak ada action, demikian halnya dengan melanjutkan pembangunan akan banyak membawa dampak perubahan terhadap wajah dan karakter ruang tempat hidup kita. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan; Pertama perubahan global akan terus mempengaruhi wajah dan karakter ruang tempat hidup kita. Perdesaaan akan pindah kearah perkotaan yang lebih menguntungkan secara tata ruang perekonomian, atau pemerintah sebagai pengambil kebijakan terbesar dalam tata ruang akan lebih mudah mengarahkan pembangunan dalam semua sektor atau sub sektor pembangunan, bila ruang-ruang itu ter-intergretedKedua Pembangunan terus maju kearah megapolitan dan mengagumkan bagi kita. Pembangunan Supermal yang dilakukan atas pasar-pasar tradisional hanya merupakan awal dari revolusi tata ruang. Proyek supermal (hypermarket) menjanjikan arah pelayanan terhadap manusia akan kebutuhan bahan pokok hidupnya yang mudah, murah dan cepat. Megapolitan menghasilkan Gedung-gedung tinggi pencakar langit yang kokoh dan indah untuk membuat kota-kota lebih hidup dan menawan, ruang-ruang dalam bangunan yang sejuk dan bahkan sinar lampu-lampu kota dimalam hari begitu romantis.  Kita di awal perubahan, ketika alat-alat transportasi umum mulai di-upgrade menjadi lebih baik seperti halnya konsep Busway untuk mengatasi kemacetan dan ketidaknyamanan.

 

 

Ketiga, ada dorongan yang terus-menerus kearah urban. Otonomi daerah menciptakan kota-kota baru, semakin banyak kota, yakin bahwa tata ruang akan lebih baik di bawah kondisi pemerataan pembangunan, dimana pengambil keputusan ditingkat paling bawah yang relatif bebas dalam memutuskan kebijakan tata ruang, apa dan di mana harus dibangun dan direncanakan. Perkembangan tata ruang dari pedesaan kearah perkotaan menghasilkan banyak perubahan yang signifikan terhadap wajah dan karakter ruang hidup manusia dibandingkan ruang-ruang tempat hidup manusia sebelumnya.

 

Tiga perkembangan itu globalisasi, megapolitan dan otonomi daerah menunjukan perkembangan seni menata ruang hidup terus berkembang dari waktu ke waktu. ‘Art is continuous process’, seperti kata Themes dan Hudson .

 

 

Akan tetapi apa itu ruang dan apa kaitannya masalah-masalah itu ?.  Ruang adalah bagian dari alam semesta raya, yang ketika manusia mulai menentukan batasan-batasan terhadap alam semesta, ruang-ruang itu mulai tercipta dan terbentuk dengan sendirinya, secara parsial ruang alam tersebut terbagi menjadi 3(tiga) komponen ruang yaitu; ruang daratan, ruang lautan dan ruang udara, dimana ketiga ruang itu ter-intregred satu sama lainnya tersusun dalam suatu rangkaian ekosistem alam.

 

 

Disaat manusia mulai menentukan batasan-batasan terhadap ruang, secara tidak langsung batasan-batasan ruang itu melahirkan suatu disiplin ilmu dan seni menata ruang, oleh karena itu ilmu dan seni menata ruang sangat erat hubungannya dengan pengidentifikasian dan pemenuhan kebutuhan akan ruang yang nyaman bagi manusia dalam aktivitasnya. Definisi menurut UU No. 24/1992, tata ruang adalah wujud struktural dan pola pemanfaatan ruang baik direncanakan maupun tidak. Sehingga ketika wajah dan karakter ruang alam itu mulai di ekspolitasi untuk kepentingan manusia dalam pemenuhan kebutuhan manusia maka ruang-ruang alam akan berubah dari natural kepada ruang man made. Ruang man made adalah ruang yang tercipta atas pikiran-pikiran dan kebijakan-kebijakan manusia  dalam mengekspolitasi wajah dan karakter ruang natural bagi pemenuhan kebutuhan manusia dalam aktivitasnya. Manusia menginginkan kenyamanan dalam aktivitasnya, ruang diciptakan mengikuti fungsi dan kebutuhan sang pengguna yaitu manusia.  Tanpa disadari, manusia lupa untuk melihat bahwasannya ruang alam ini, bukan hanya miliknya manusia sendiri tetapi ruang alam ini merupakan rangkaian ekosistem yang harus dijaga kesinambungannya. Akibatnya ruang alam yang dibentuk oleh manusia mengalami penurunan nilai secara ilmu tata lingkungan. Semua itu mengilustrasikan dorongan untuk mengubah pola pikir dan konseptual manusia dalam menata ruang yang lebih berkelanjutan selaras dengan ekologi lingkungan.

 

 

Sebuah kebijakan baru mengenai transportasi umum yang layak dan nyaman dalam kota metropolitan seperti Jakarta. Busway, diyakini adalah sebuah ide kreatif dalam mengatasi salah satu masalah ketidaknyamanan akibat kemacetan di perkotaan. Keberadaan Busway ini cukup sangat membantu bagi masyarakat pengguna jasa angkutan umum Jakarta, dari opini-opini yang terbentuk dan realisasi pembangunan busway tahap selanjutnya terlihat bahwa busway adalah jasa angkutan umum masa depan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam aktivitasnya. Sebagai ganti dari keluhan-keluhan kemacetan diperkotaan sosok busway muncul, lebih dari itu ternyata untuk mengeluarkan kebijakan itu tidaklah murah secara financial, riset yang telah dilakukan dan pembangunan yang sudah teralisasi ternyata banyak memakan biaya yang cukup signifikan besarnya. Tetapi itulah fenomena dalam menata ruang, bila sebelumnya ini telah terencanakan mungkin permasalahan-permasalahan ini tidaklah berarti.  Ruang koridor hijau sedikit tergantikan dari kebijakan tersebut, hal ini memang harus terjadi, salah satu harus mengalah untuk mendapatkan sesuatu hasil yang baik. Tetapi yang menjadi hal yang perlu dilihat dan didiskusikan apakah kedepan masalah ini akan terus mengikuti ? tentunya kita harus sepakat bahwa masalah-masalah itu harus bisa terselesaikan dengan bijaksana tanpa harus ada yang dicanibal. Solusi yang bijaksana yang harus dikedepankan dalam proses pemenuhan bagi kebutuhan manusia dalam aktivitasnya.

 

 

Memang, sebagai seorang perencana dan perancang ruang dapat membedakan mana yang membangun dan mana yang mungkin merusak lingkungan. Arsitektur Lansekap adalah bagian dari ilmu dan seni menata ruang, Lansekap yang awalnya mengandung pengertian terdapat didalam ilmu bumi, dengan artian; hasil akhir dari bentuk potongan topografi. Dalam bahasa inggris tua batasan kata ”landscape” mempunyai arti wilayah/region. Persepsi ilmu arsitektur lansekap mengalami perkembangan mengenai artiannya, tahun 1828, kata arsitektur lansekap untuk pertama kali diperkenalkan oleh Gilbert Lang Meason, dan  baru tahun 1858 menjadi suatu title keprofesian yang diperkenalkan oleh Frederick Law Olmstead.

 

 

Secara ilustrasi F.L. Olmstead mulai melihat bahwa ruang-ruang yang telah tercipta terlihat begitu kaku dan pasif, adanya ruang-ruang mati dan kumuh akibat dari penciptaan manusia dalam menata ruang. Konsep rencana ruang yang telah dibuat sepertinya tidak begitu signifikan memperhatikan dampak yang akan timbul di masa datang, konsep metropolitan yang sedang diterapkan untuk suatu kota secara bertahap merubah karakter ruang yang ada, gedung-gedung pencakar langit begitu monumental, hal yang secara fisik dijadikan tolak ukur keberhasilan konsep penataan ruang kota. Tetapi dibalik semua keberhasilan itu, ternyata persoalan yang timbul setelah itu, ruang-ruang antar bangunan pencakar langit yang sebelumnya ter-intregreted dengan hijaunya vegetasi, tetapi setelah ada massa gedung pencangkar langit ruang-ruang itu terkotakkan menjadi ruang-ruang yang mati, dan terlihat kumuh dan pasif tanpa adanya warna hijau vegetasi sebagai penyejuk pandangan indera.

 

 

Banyak pemegang kebijakan kota yang terjebak dalam konsep kota metropolitan yang terumuskan secara parsial, laporan-laporan studi tata ruang bangunan seakan hal yang paling ideal dalam skenario pengembangan kota. Kota-kota itu tidak lagi dapat melihat karakter pembentuk kota yang harusnya menjadi identitas kota tersebut. Seakan kota-kota itu memiliki karakter yang sama, sehingga secara parsial kota-kota itu terbentuk sama dengan kota-kota metropolitan yang ada. Apakah ilmu dan seni menata ruang harus menjadi hal yang seragam? Tentu jawabannya tidak, karena kota-kota itu memiliki kareakter dan ciri tersendiri. Arsitektur Lansekap melihat persoalan tata ruang kota ini kepada hal yang paling dalam, karena arsitektur lansekap melihat suatu keberhasilan pembangunan ruang kota bukan hanya pada hal fisik tetapi lebih kepada wajah dan karakter ruang yang sesuai dengan karakter lingkungan ekologi kota tersebut. Karena dengan mempertahankan karakter ekologi kota diharapkan keberlangsungan ekosistem dalam kota dapat berjalan dengan baik tanpa harus ada yang di canibal.

 

 

 

Ruang-ruang hijau kota merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter kota, fungsi ruang hijau adalah untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem kota, tanpa suatu keseimbangan maka suatu kota atau kawasan yang dikembangkan tidak akan dapat bertahan lama. Kota yang ideal adalah kota yang dikembangkan berdasarkan skala manusia, karena manusia sebagai pengguna utama yang memerlukan suatu kenyaman dalam kehidupan aktivitasnya. Bukan kepada skala gedung atau suatu monumental pencakar langit. Harus disadari konsep metropolitan yang banyak diagungkan ternyata di masa datang konsep itu mengakibatkan kota-kota terasa kaku dan pasif. Keindahan kota hanya bersifat semu dan maya. Memang kota terlihat begitu hidup, disisi lain sebenarnya kota itu telah mati secara ekologi. Polusi dan pemanasan global ruang kota semakin bertambah dari waktu kewaktu, daya dukung kota terhadap ekosistem kota mengalami penurunan yang signifikan, kenyamanan manusia terancam akibat persoalan-persoalan lingkungan yang dibuat oleh manusia itu sendiri.

 

 

Keberlangsungan suatu ekosistem haruslah dipertahankan, konsep pembangunan berkelanjutan adalah buah pikir manusia dalam melihat persoalan yang ada akibat dari kegagalan suatu konsep pengembangan tata ruang yang pernah dibuat sebelumnya. Hal yang telah disepakati dalam pengembangan tata ruang antara daerah yang terbangun dengan massa bangunan fisik dan ruang tidak terbangun dengan ruang-ruang terbuka seakan tidak dilihat dan tidak dipertimbangkan sebagai hal yang pokok dalam menata ruang, komposisi terbangun dan ruang terbuka seakan menjadi hal begitu berat untuk dapat diterapkan, ruang-ruang terbuka sebagai penyeimbang ekologi kota dari waktu ke waktu semakin berkurang keberadaannya.

 

 

(Cuplikan tulisan diambil dalam http://blog.trisakti.ac.id/ahmaddidie/)


Komentar

Belum ada komentar
Penerimaan komentar ditutup
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

Mahasiswa Trisakti yang sedang penelitian mengenai perbandingan Tingkat Stres pada Lansia di Panti Werdha dan di ke… https://t.co/0zxjJLi54C
pstwbudimulia2
Selasa, 21 Nov 2017 06:06
Selamat untuk Rektor Universitas Trisakti Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D sebagai orang pertama dari Indon… https://t.co/TbatFJljUr
Selasa, 21 Nov 2017 08:08
CECT Workshop Series:CSR Project Management based on ISO 21500 yang berlangsung 20-21 November 2017. Informasi jad… https://t.co/xb6vBRffjG
MM-CSR Trisakti
Selasa, 21 Nov 2017 04:04
Kaltim,19-21 Nov 2017. Kunjungan Dekan Dr. Ir. Afiat Anugrahadi MS, Tim FTKE Usakti, dan Ka. BAA Dr. Ir. Bani Nugro… https://t.co/Pel6jEyQRc
Selasa, 21 Nov 2017 01:01
Dalam Rangka Rangkaian Acara Dies Natalis Universitas Trisakti ke 52, Jurusan Arsitektur USAKTI Mengadakan Seminar… https://t.co/9FwiMRTQGr
Selasa, 21 Nov 2017 01:01
via @okezonenews : Ali Ghufron Mukti Raih Gelar Honoris Causa dari Kampus Inggris. ... Rektor Universitas Trisakti… https://t.co/zZ1c8Wyhxj
Senin, 20 Nov 2017 23:11
Laboratorium Pengembangan Organisasi dan Bisnis (Lab POBIS) Jurusan Teknik Industri FTI Usakti selenggarakan Indust… https://t.co/lLRSPmFdOk
Senin, 20 Nov 2017 08:08
via @Bolalob : Tax Universitas Trisakti (Usakti) berhasil meraih gelar juara Divisi Utama Liga Futsal Mahasiswa (Li… https://t.co/tYlv6VeYJT
Senin, 20 Nov 2017 07:07
Inilah Kunci Kesuksesan Tax Usakti Jadi Juara Liga Futsal Mahasiswa 2017 https://t.co/CymanAYntB #Lifuma2017 https://t.co/iTYh5IbkOc
Bolalob.com
Senin, 20 Nov 2017 06:06
Pemain Tax Usakti Sudah yakin Memang Bakal Menjadi Juara Lifuma 2017 https://t.co/AE9sjGINxQ #Lifuma2017 https://t.co/i61e5aEiIv
Bolalob.com
Senin, 20 Nov 2017 06:06
Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Prof.Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes membuka BULAN KESEHATAN... https://t.co/AdiJ5uUR1o
Senin, 20 Nov 2017 06:06
Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Prof.Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes membuka BULAN KESEHATAN G… https://t.co/m5WMbIDQec
Senin, 20 Nov 2017 05:05
Tax Usakti Raih Gelar Juara Divisi Utama Liga Futsal Mahasiswa 2017 https://t.co/hteofDQhxH https://t.co/4pV9iGL4dk
Bolalob.com
Senin, 20 Nov 2017 03:03
JAKARTA, KOMPAS - Tax Usakti, Universitas Trisakti, menjadi juara Divisi Utama Liga Futsal Mahasiswa (Lifuma) 2017… https://t.co/IcHU2OBiob
Minggu, 19 Nov 2017 23:11
Tax Usakti Mentahkan Mitos Kegagalan https://t.co/ceXnoBX78c
Harian Kompas
Minggu, 19 Nov 2017 20:08
Mau Merdeka dari Gigi Berlubang?,Ayo Ajak Keluarga Periksa Gigi! (GRATIS) ke Rumah Sakit Gigi & Mulut Fakultas Kedo… https://t.co/8HnUMb5rv6
Minggu, 19 Nov 2017 16:04
Digital sekarang lebih banyak membuat orang jadi kaya ya. Sosial media itu menawarkan seperti itu,” ungkap PM Susba… https://t.co/GsbYiiylEy
Minggu, 19 Nov 2017 11:11
BAKTI SOSIAL USAKTI. Assalamualaikum wr wb, selamat pagi ijin melaporkan Binmas Tanah Sereal… https://t.co/yC5ZI3JJe5
Polsektamborajakbar
Sabtu, 18 Nov 2017 13:01
Tax Usakti Tak Ingin Kembali Gagal Di Final Lifuma 2017 https://t.co/fOBnSh8mWj #Lifuma2017 https://t.co/HOBhfpv9nR
Bolalob.com
Minggu, 19 Nov 2017 08:08
Selamat & Sukses atas terselenggaranya Workshop & Simposium Fakultas Kedokteran Usakti "Trisakti Annual Medical Pra… https://t.co/Y9g8e0Z8ax
Minggu, 19 Nov 2017 06:06

icon-fb.png Recent Posts

Selamat untuk Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D (Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Rektor Universitas Trisakti) sebagai orang pertama dari Indonesia yang meraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dari Coventry University, Inggris

#usakti #trisakti
Selasa, 21 November 2017 07:07
via Okezone.com : Ali Ghufron Mukti Raih Gelar Honoris Causa dari Kampus Inggris.

“Saya pribadi bersyukur atas pemberian gelar kehormatan ini. Tentunya ini merupakan bentuk apresiasi tidak hanya untuk pribadi, tetapi untuk Bangsa Indonesia,” tuturnya dalam siaran pers yang diterima Okezone, Senin (20/11/2017).

Di hadapan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Inggris, Rektor Universitas Trisakti itu berpesan untuk berkontribusi pada peningkatan daya saing melalui pengembangan pengembangan riset, teknologi, dan inovasi.

Baca selanjutnya di https://news.okezone.com/read/2017/11/20/65/1817344/ali-ghufron-mukti-raih-gelar-honoris-causa-dari-kampus-inggris

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Senin, 20 November 2017 23:11
Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti Prof.Dr. Drg. Tri Erri Astoeti, M.Kes membuka BULAN KESEHATAN GIGI NASIONAL 2017 di Rumah Sakit Gigi & Mulut (RSGM) FKG Usakti. Ajak Keluarga Periksa Gigi (GRATIS). Senyum Sehat Senyum Indonesia.

Note: turut hadir Dekan FK Usakti dr. Suriptiastuti, DAP&E,MS

Pepsodent Unilever
#kedokterangigi #rsgm #fkg #kampusb #usakti #trisakti
Senin, 20 November 2017 06:06
Prof. Ir. Asri Nugrahanti, M.S., Ph.D ., IPU & Dr. Ir. Tiena Gustina Amran., IPU menerima sertifikat ASEAN ENGINEERING REGISTER (AER) bersama BKM-PII di Bangkok, Thailand (Nov 2017)

#usakti #trisakti
Sabtu, 18 November 2017 08:08
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti bekerjasama dgn Direktorat Jenderal AHU Kementerian Hukum dan HAM RI ikuti Short Course Human Resource Management Effective Leadership di University of Lincoln & University of Westminster, UK (12 s.d. 18 Nov 2017).
Jumat, 17 November 2017 03:03
Pendaftaran Mahasiswa Baru Magister Manajemen Universitas Trisakti (Akreditasi A). Pendaftaran (Gelombang 3) s.d. 18 Nov. Ujian Masuk 21-22 November 2017.
https://t.co/trGJi61uzY

#pascasarjana #magistermanagement #mm #usakti #trisakti
Jumat, 17 November 2017 00:12
Short Course Human Resource Management Effective Leadership di University of Lincoln dan University of Westminster, UK (12 s.d. 18 November 2017)

Tampak Foto (ki-ka)
Dr. Eleonora Sofilda, ME (FEB Usakti)
Dr. David Cobham (University of Lincoln)
Prof. Dr. Bambang Soedaryono, AK., MBA. (Dekan FEB Usakti)
Dr. Sarah Hayne (University of Lincoln)

Program Doktor Public Policy Universitas Trisakti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
University of Lincoln
University of Westminster

Kementerian Hukum dan HAM RI #feb #fakultasekonomidanbisnis #usakti #trisakti
Kamis, 16 November 2017 23:11
from Okezone.com - Saksikan Live Streaming Okezone Goes To Campus: Tantangan SDM dan Organisasi dalam Menghadapi Transformasi Era Digital klik: okz.me/YJvQ #OkezoneGoesToTrisakti -
#usakti #trisakti

Okezone Goes to Campus is Back!!!
.... kali ini giliran Okezone menyambangi Universitas Trisakti.

Tema Okezone Goes to Campus kali ini sangat menarik guys. Kita bakal bahas soal Tantangan SDM dan Organisasi dalam Menghadapi Transformasi Era Digital.
Untuk narasumbernya sendiri juga keren-keren. Diantaranya:
Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D (Rektor Universitas Trisakti)
Wijaya Kusuma (Wakil Sekjen Masyarakat Telekomunikasi)
PM Susbandono (Pakar SDM)

Gak ketinggalan, kita juga bakal kongkow bareng Badai Romantic Project juga lho.. So, Don't Miss It our program yaa!
Stay tune di Okezone Goes To Campus: Tantangan SDM dan Organisasi dalam Menghadapi Transformasi Era Digital, Kamis 16 November 2017, mulai pukul 12.30 WIB-14.30 WIB only at Okezone.com

#usakti #trisakti
Kamis, 16 November 2017 03:03
via UPT Perpustakaan Universitas Trisakti - Halo Akademika Usakti🙋
.
.
Siapa yang suka selfie atau wefie? Yuk ikutan Selfie-Wefie Contest yang diadain UPT. Perpustakaan Usakti😀
.
.
Ketentuan dan caranya mudah banget
.
.
1. Peserta adalah mahasiswa aktif USAKTI
2. Cantumkan nama lengkap, NIM, dan fakultas serta caption menarik pada foto tersebut
3. Selfie-Wefie dilakukan di ruang perpustakaan yang berada di lingkungan USAKTI
4. Waktu foto tanggal 1 sampai dengan 23 November 2017
5. Caranya, follow dulu akun instagram perpustakaan Usakti, lalu post dan tag foto kalian dengan hashtag #DiesNatalisUsakti52 #LibraryAndMeJamanNow
6. Upload akan ditutup pada tanggal 23 November 2017
7. Pengumuman pemenang akan diumhmkan di instagram kami pada tanggal 28 November 2017
8. Pembagian hadiah akan dilakukan pada 29 November 2017 di Perpustakaan Usakti
.
.
.
Hadiahnya? Menarik banget loooooh. Yuk buruan foto paling seru dan menangkan hadiahnya😎
Rabu, 15 November 2017 21:09
Mau Merdeka dari Gigi Berlubang?, Ayo Ajak Keluarga Periksa Gigi! (GRATIS) ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (RSGM FKG Usakti) pada 20-22 November 2017.

BULAN KESEHATAN GIGI NASIONAL 2017
Senyum Sehat Senyum Indonesia
Pepsodent

#kedokterangigi #rsgm #fkg #kampusb #usakti #trisakti
Rabu, 15 November 2017 13:01
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menandatangani perjanjian kerjasama program “Magang Bersertifikat” (Indonesia Student Internship Certification/ISIC) dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Ke-13 perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia, Institute Teknologi Bandung, Universitas Bina Nusantara, Universitas Gunadharma, Universitas Padjadjaran, Telkom University, Universitas Airlangga, STT Nurul Fikri, Universitas Darma Persada, Universitas Gadjah Mada, Institute Pertanian Bogor, Universitas Trisakti, dan Universitas Mercu Buana.

Program ini menargetkan jumlah peserta magang sebanyak 10.000 mahasiswa dari berbagai bidang ilmu. Program ini akan dilakukan dengan konsep 3-2-1, yaitu 3 semester di kampus, 2 semester magang di BUMN, dan 1 semester untuk membuat laporan akhir.

http://m.kontan.co.id/news/fhci-resmikan-program-magang-bersertifikat-di-bumn

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

#fakultasekonomi #fakultas #ekonomi #bisnis #feb #usakti #trisakti
Selasa, 14 November 2017 23:11
Selasa, 14 Nov 2017 pukul 13.00 - 15.00 WIB ada acara diskusi di gd C lt 9 dalam rangka Hari Habitat Dunia 2017. Pembicara Dirjen Pembiayaan PUPR dan Direktur Eksekutif Kemitraan Habitat. Diselenggarakan oleh Magister Arsitektur FTSP Usakti.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI
#magister #arsitektur #ftsp
#usakti #trisakti
#diesnatalis
#diesnataliske52usakti
#DiesNatalisUsakti52
Selasa, 14 November 2017 00:12
Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE) dan Fakultas Hukum (FH) Universitas Trisakti (Usakti) adakan Seminar Nasional dengan Tema " Great Achievements of Different Continents: The Role of Government Regulation in Supporting The Oil and Gas Investment Growth " pada Rabu, 15 November 2017

#ftke #fh #usakti #trisakti
#diesnatalis
#diesnataliske52usakti
#DiesNatalisUsakti52
Selasa, 14 November 2017 00:12
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Turut berduka cita atas berpulangnya Ibu Siti Hanifah binti Hidayat, Ibunda tercinta dari Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, DEA (Guru Besar FTI, Sekretaris Senat Unversitas Trisakti).

Insya Allah akan dikebumikan di Pemakaman Assalam jalan Sukarno Hatta, berangkat dari Rumah Duka Jl. Reog No 6 Bandung, jam 9.00 pagi (14/11)

Semoga almarhumah Husnul Khotimah dan mendapat tempat terbaik disisi-Nya. Aamiin
Selasa, 14 November 2017 00:12
“TRISAKTI CREATIVE & CULTURAL FESTIVAL 2017” (11 - 12 Nov di Universitas Trisakti) turut mendorong anak-anak Indonesia menyukai & melestarikan permainan layang-layang sbg khasanah budaya, sbg permainan tradisional yg sudah ada sejak zaman dahulu kala. Selamat untuk pemenang.

#usakti #trisakti
#diesnatalis
#diesnataliske52usakti
#DiesNatalisUsakti52
Senin, 13 November 2017 04:04

Guru Besar

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232
Fax: (62-21) 564 4270
Email: humas@trisakti.ac.id

Alumni